Awas buat pemilik Shogun 110, ketika bagian bawah silinder cop sisi kanan mulai keluar rembesan oli mesin. Sebab, akan berakibat fatal kalau dibiarkan begitu saja, salah satunya piston mudah baret karena kekurangan pelumas mesin.
Ingat, cover penutup silinder cop bagian kanan itu tempatnya terminal sirkulasi oli mesin, yang akan dibagikan untuk pelumasan pen rocker arm dan noken as. Dan aliran oli yang lewat di terminal itu memiliki sifat stand by. Maka di bagian cover penutup silinder cop itu dituntut kebersihan dan kualitas pakingnya, untuk menjamin kerapatannya.
Bagian ini yang selalu diremehkan oleh mekanik bengkel umum dalam pemakaian paking, ketika melakukan bongkar pasan. Kalaupun memakai alternatif paking kertas kelir hitam yang biasa dijual di pasaran, sebenarnya tak mampu bikin kedap permukaan cover penutup samping silinder cop.
Solusi tepat bisa menggantinya dengan paking kertas lembaran dengan ketebalan 0,8 mm, biasa dijumpai di bengkel resmi. Tipikal kertas pakingnya padat, jadi optimal ketika dituntut membuat kedap cover penutup samping silinder cop. Meskipun cover penutup samping silinder cop dirapatkan, kertas tak akan robek.
Dan mengingat paking kertas ini model nya lembaran, maka perlu dibutuhkan trik pembuatannya. Pertama potong paking sesuai dengan bidang yang dibutuhkan. Kemudian mal pada terminal jalur oli mesin dan pukul pakai kunci pas, sampai membekas garis.
Tapi jangan lupa ceklah kondisi mesin secara berkala. Biasakan servis berkala secara rutin dan deselingi dengan servis besar, agar kondisi kmponen mesin tetap terjaga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar